[Mini Review] Book : Ikigai oleh Hector Gracia & Francesc Miralles


"Kebahagiaan selalu ditentukan oleh hatimu"

Salah satu kutipan puisi karya Mitsuo Aida yang saya kutip dari buku Ikigai ini.

Buku Ikigai ini merupakan salah satu buku yang sangat cepat saya selesaikan dari semua buku self-help yang pernah saya baca. Karena saya bukan kutu buku, terkadang susah bagi saya untuk terus membaca buku secara konsisten bila memang isinya tidak terlalu menarik bagi saya, namun buku ini berbeda dan berhasil membuat saya membacanya terus selama 5 hari beruturut-turut dan menyelesaikannya.

Ikigai sendiri sebenarnya dimaknai dengan "Tujuan Hidup", sebagai manusia kita harus memiliki tujuan hidup sehingga memotivasi kita untuk terus hidup dengan lebih baik dan semangat menjalani hari-hari. Ikigai setiap orang bisa berbeda-beda dan juga dapat berubah seiring dengan waktu, namun pastikan untuk selalu memiliki Ikigai anda. 

Menurut saya, buku Ikigai ini adalah buku yang menyajikan pandangan baru tentang kehidupan yang sebenarnya sangat sederhana namun terkesan sangat rumit untuk manusia jaman sekarang.

Buku Ikigai ini memang lebih menceritakan tentang bagaimana suatu masyarakat di daerah Ogimi Jepang yang terkenal dengan populasi supercentenarian-nya. Supercentenarian adalah istilah untuk orang dengan usia diatas 100 tahun.

Buku ini lebih menjabarkan kepada kita bagaimana sudut pandang para supercentenarian tersebut dalam memaknai kehidupan mereka. Tidak ada hal yang terlalu complicated ataupun dibuat-buat, semuanya murni dan apa adanya, begitu menurut saya.

Dalam buku ini, juga semua dijelaskan dengan cukup detail, mulai dari kegiatan-kegiatan apa saja yang selalu dilakukan oleh masyarakat Ogimi di Jepang hingga makanan sehari-hari yang dinikmati. 

Secara pribadi, saya sangat menikmati membaca buku ini karena menyajikan secara riil dari segi gaya hidup dan juga makna-makna yang tersirat dalam buku ini.

Semoga review singkat ini dapat bermanfaat, cheers!

0 komentar