Belajar Apa Saja Selama Pandemi?

Hari ini tepat 1 tahun pertama kalinya kasus covid di Indonesia diumumkan, ketegangan dan juga keresahan masyarakat dimulai hari ini dan sudah berlangsung hampir 1 tahun lamanya, kalau dibilang cepat ngga juga sih, karena semua kita laluin mulai dari ups and down berbagai aspek kehidupan selama pandemi.

Ngga mau playing victim sendirian, memang nyata kalau kita semua adalah korban dan pandemi ini, tapi mungkin saja penyebabnya sendiri adalah manusia itu sendiri, heheh we took too much from nature, dan kalau mau dicari penyebabnya juga mungkin saja kesalahan kita manusia sendiri? 

Pandemi berdampak pada banyak aspek mulai dari kesehatan, ekonomi, pendidikan dsb. Namun dibalik itu semua banyak hal juga yang perlu disyukuri selama pandemi ini, kembali lagi there's always a bright side over the darkest hour. 

Jujur selama pandemi, aku lebih stress sama diri sendiri dan juga keadaan yang membuat aku ga sebebas dulu itu saja. 

Sedangkan kalau mau melihat dari berbagai segi, begitu banyak yang harus disyukuri sampai detik ini seperti :

1. Keluarga semua sehat.

2. Belajar banyak hal baru contohnya : bikin channel youtube + ngembangin skill painting sampai open commission! aku ga nyangka sih, karya aku bakal diminati dan sampai ada yang mau beli hehehe.

3. Belajar buat mengukur langkah setiap hari, karena selama pandemi aku konsisten dan belajar konsisten buat memakai smart watch biar jumlah langkah ke-tracking, cumaaaaaa bad newsnya, yang dulunya konsisten 10.000 langkah perhari ternyata ngga se-konsisten itu. maaf ya, haha sekarang aku nurunin target aku yang berlebihan langsung ke 10.000 jadi diatas 5000 langkah perhari, meskipun turunnya extreme, tapi aku lebih konsisten dengan small target dulu daripada langsung target besar. 

4. Belajar mulai membaca buku (menjadikan membaca sebuah daily habit). Membaca bukan hobiku jelas, tapiiii aku selalu tertarik dengan buku-buku self improvement, meskipun ga rajin membaca tiap hari tapi aku sedang bertekad untuk mulai rajin membaca dan memang mostly buku-buku yang aku punya adalah buku-buku self improvement/ self-help karena aku memang tertarik dengan hal-hal seperti itu. 

5. Banyak waktu berkumpul bersama keluarga. Yang ini aku benar-benar syukuri banget sih, hehe karena banyak waktu sama papa-mama mulai dari nonton drakor bareng, masak masak bareng, berkebun (ngintipin orangtuaku berkebun hehe) dan playing sama pet kesayangan aku si sunny.

6. Belajar buat sabar. Selama pandemi banyaaaak sekali plan dan juga keinginan yang tertunda, pandemi mengajarkanku buat sabar plus belajar untuk mengendalikan emosi, tidak mendapatkan sesuatu yang kita inginkan kadang memicu emosi yang cukup dramatis hehe dan semenjak pandemi kita diajarkan menerima. something that we can't change. so go with the flow and see what happen next.

Kalau kalian, belajar apa saja selama pandemi? :)

Subscribe my channel on YouTube : Youtube

0 komentar