Suka Duka Memulai Channel YouTube + Tips untuk small channel YouTube

Halo semuanya! Happy New Year 2021! ^^

Tidak terasa sudah hampir 10 bulan lebih kita melalui karantina selama pandemi yang dimulai sejak Maret 2020 tahun lalu.

Apa wish kalian di tahun 2021 ini?

I wish for much better year in 2021, mungkin tidak berharap besar virus corona benar-benar hilang, tapi..berharap vaksinasi berjalan lancar dan sesuai plan, dan akhirnya kasus aktif COVID-19 akhirnya menurun.  Jika berharap virus corona benar-benar hilang dari muka bumi, sepertinya...akan susah ya, hehe jadi lebih baik kita sebagai masyarakat awam lebih baik berperan dalam ikut mematuhi protokol kesehatan dan membatasi aktivitas diluar rumah. 

hari ini aku mungkin akan sharing sedikit terkait suka-duka memulai channel Youtube, memang tidak dipungkiri saat ini banyak orang yang sangat ingin berkarir di Youtube, karena jika memang berhasil lumayan sekali buat menambah penghasilan, tapi jujur untuk saat ini persyaratan monetisasi Youtube sangat berat untuk akun-akun kecil sepertiku yang startnya bukan seorang artis/influencer yang dikenal banyak masyarakat. Merintis sebuah akun youtube dari 0 dan sebagai orang biasa memang perlu kesabaran yang luar biasa. Persyaratan Monetisasi Youtube saat ini adalah :

  • 1000 subscriber dan,
  • 4000 jam tonton dalam waktu setahun.
berat bukan? haha tentu saja iya, namun jika kita artis/influencer yang sudah terkenal tentu ini adalah hal mudah, karena sekali bikin akun youtube pertama pasti langsung banyak subscriber + jam tonton.

untuk akun youtube kecil sepertiku, sangat susah untuk growing subscriber dan juga waktu tonton, jadi murni harus sabar dan konsisten. Sebenarnya aku memulai youtube lebih kearah menyalurkan hobi filming dan juga editing sih selain karena sekarang lebih banyak dirumah jadi lumayan buat jadi kegiatan di waktu luang, ya jika nanti-nanti bisa sukses...akan sangat bersyukur juga yang penting konsisten dan happy jalanin nya hehe.

saat ini akun youtubeku berjalan di 3 bulan lamanya dan sudah ada 200+ subscriber, bersyukur banget bisa mendapatkan 200+ subscriber dalam waktu 3 bulan meskipun masih jauh dari 1000, aku sangat berharap bisa mendapatkan 1000 subscriber dalam tahun ini hehehe.

Subscribe my channel on YouTube^^ : Youtube

Mungkin beberapa tips yang bisa aku share adalah, untuk growing youtube, kalian juga perlu konsisten dengan "niche" kalian, apa sih itu niche? niche mudahnya mungkin lebih ke kategori kanal kalian, jadi semisal kalian memang upload tentang beauty, lifestyle, travel ya lebih baik konsisten di niche tersebut, karena jika niche kalian campur aduk, akan susah mendapatkan subscriber baru karena tentunya subscriber akan bingung sebenarnya kanal kalian ini bercerita tentang apa sih..hehe.

Selain itu, emang harus konsisten dan juga sabar plus selalu berikan yang terbaik untuk setiap video kalian, meskipun memang target monetisasi adalah target yang menggiurkan, semoga selama prosesnya itu tetap happy meskipun misalnya perlu waktu yang sangat lama hehe. 

Selain itu, YouTube ga sekedar memberikan manfaat bisa monetisasi, tapi juga growing your network loh, setelah berkecimpung di dunia YouTube aku lumayan banyak dapat beberapa teman baru dari luar negeri karena kita sama-sama growing YouTube di niche "painting & vlogs" sampai kita juga sempat collab di youtube dan saling follow di instagram. Kadang bisa berteman juga dengan mereka yang ternyata masih muda dan anak sekolahan hahah, pengalaman baru dan seru.

Jadi, ga melulu soal keuntungan dalam bentuk uang ya..hehe, ya selagi merintis coba ambil segi positifnya seperti :

  • Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif : menghasilkan suatu karya.
  • Menambah network baru : Teman-teman sesama youtuber pemula.
  • Kritis mengembangkan content-content untuk video.
Jadi untuk kalian, yang memang ada hobi vlogging/ mungkin editing video gak ada salahnya untuk mulai upload video, meskipun sekedar hobby yang penting tetap enjoy jalaninnya. 💖

Thanks for reading.

See You!

Subscribe my channel on YouTube^^ : Youtube

0 komentar