Watercolor Painting : An Art Therapy


Masih dengan tema melukis (lagi), dulu waktu kecil aku pernah give up dengan yang namanya watercolor painting karena memang dulu ngga seperti sekarang yang kita dengan mudahnya bisa lihat tutorial di Youtube. Dulu (waktu kecil) selain proses penyerapan informasi dan inspirasi yang sedikit kurang, membuatku cepet putus asa buat belajar watercolor painting, but thanks to Internet sekarang bisa dengan mudahnya belajar apapun yang kita senangi dengan sekali klik di Internet. yeaaaay.

Selain itu aku juga percaya kalau melukis, crafting, ataupun melakukan hal-hal yang berbau seni merupakan salah satu jenis therapy yang sudah terbukti manfaatnya. Apalagi di masa pandemi seperti ini membuat kita cenderung stress dan art merupakan salah satu bentuk therapy yang sangat bermanfaat menurutku hehe. 

Go to : Manfaat Art Therapy | Psychologytoday Art Therapy

Ngga disangka-sangka ketika lagi getolnya melukis dirumah sejak pandemi (Sebelumnya aku main Acrylic Paint, read my previous post ya tentang acrylic :D ) , aku menemukan harta karun berusia 10 tahun, di gudang rumah : Pentel Watercolors dengan 25 warna, ya ampun ini lumayan banget buat aku sebagai pemula belajar watercolor. 

jadi, ini adalah warisan dari diriku sendiri 10 tahun lalu dimana aku belinya juga karena senang menggambar tapi ga pernah dipakai sampai sekarang hahaha, and suprisingly what i bought 10 years ago help me a lot today! senangnyaa ga perlu beli watercolor lagi karena sekarang yang bagus lumayan pricey ya...terutama setahu aku yang mereknya bagus seperti : Winsor & Newton. 

Untuk pemula beberapa merk affordable untuk watercolor yang bagus yang bisa kalian coba adalah :

  • Giotto Watercolor
  • V-tec watercolor
  • Joyko Watercolor
  • Pentel Watercolor
  • dsb

akhirnya aku memutuskan untuk mulai main dengan watercolor lagi, karena ga punya kuasnya, aku beli di toko buku terdekat, lumayan 25.000 sudah dapat 6 set brushes yang lumayan bagus. Sebenarnya, aku benar-benar 0 knowledge tentang brush ini haha, jadi beli sekiranya yang bagus buat watercolor dan ternyata ini masih kurang! jenis brushnya itu ternyata banyaak bgt. (cus beli lagi....ahaha)

OK, move on, buat kita sebagai pemula menurutku tidak penting tools yang premium/sangat bagus, yang penting asah skill dulu baru upgrade tools! jadi perbanyak latihan dengan tools seadanya seiring dengan improved skills, maka akan lebih terasa worth it untuk membeli tools yang lebih premium karena harganya pricey.

awalnya saking ga punya knowledge apa-apa tentang melukis watercolor dan tidak searching dulu haha aku melukis dengan kertas sketchbook biasa (kertas buku gambar!) astaga, ternyata salah besar, karena kalau sketchbook itu dia gampang rusak dan robek kalau kita warnainnya kyk terlalu basah. untuk watercolor sendiri ternyata sudah ada kertas khususnya, yaitu watercolor paper, mereknya bermacam-macam yang sedang aku pakai sekarang adalah yang merknya v-tec. ketebalannya 300 gsm dan menurutku sudah cukup bagus, will review another paper ketika aku sudah beli lagi yang baru ya.

untuk inspirasi aku biasanya suka lihat di pinterest/youtube mostly untuk real picturenya aku lihat di pinterest lalu aku visualisasikan ke bentuk watercolor painting dengan teknik sendiri seadanya hehe. 

Berikut beberapa karya yang sudah aku buat dengan watercolor :



more at instagram : @annakristh.art kindly follow! :)

watch my video on youtube! :


apa ada yang tertarik untuk mencoba watercolor? :)

Watch & subscribe to my Youtube Channel : Annakristh's Youtube 💓

stay safe and healthy.

Love,Anna.

0 comments