Pengalaman Memulai Blogging : Wix VS Blogger

  
    Bulan ini tepat masuk bulan ke-7 Indonesia dilanda pandemi COVID-19. Sejak kasus pertama ditemukan Maret 2020, banyak sekali ups and down selama pandemi ini dan memang hampir seluruh lapisan masyarakat jadi terkena dampaknya. Dari segala sisi negatif yang terjadi mari kita lihat sisi positifnya yuk, sejak dirumahkan aku jadi sering punya banyak waktu luang sampai kepikiran buat bikin blog hehe. Sebenarnya aku tidak tahu kalau aku suka menulis, tahunya sih suka bercerita dan ternyata blogging asik juga buat menyalurkan energi di kepala dalam bentuk tulisan.
  • WIX
twitter.com/wix


    Pertama di akhir Agustus bulan lalu, aku mendaftarkan diri di wix untuk membuat blog, fitur di wix memang sangat canggih dan kamu bisa menghias tampilan blog mu sesuka hati karena kamu hampir sangat bebas menambahkan, menggeser dan mengatur tata letak tampilan blog. Selain itu, tampilannya juga sangat minimalist dan elegant, jujur aku suka sekali dengan tampilan blog dari Wix, selain itu fitur menulis dan lain-lainnya juga cukup lengkap dan mudah, cuma memang loadingnya di wix kadang agak sedikit lambat aku tidak tahu apakah karena kondisi koneksi Internet pribadi, atau memang server webnya yang sedang lambat. Wix menyuguhkan banyak paket berlangganan tapi tetap ada yang free version kok, cuma untuk free version sepertinya fiturnya terbatas terutama untuk masalah domain dan SEO. 

Sebenarnya aku masih sangat kurang paham dengan masalah domain, SEO dan hal-hal berbau seperti itu, jadi memang awalnya aku tidak terlalu peduli karena tujuan utama-ku menulis adalah untuk menyalurkan apa yang ada di pikiran dan juga menyalurkan energi ke arah yang lebih positif. Hingga suatu saat aku melihat iklan dari Niagahoster yang menawarkan nama domain dengan harga sangat terjangkau, aku tergiur dengan harga domain yang dimulai dri 14.000 rupiah / setahun, sepertinya boleh aku coba hehe. Akhirnya aku membeli salah satu domain (my.id) dengan harga 25.000/tahun niatnya agar orang-orang bisa lebih mudah mengakses blog-ku dan membaca tulisanku hehe.

Setelah selesai membeli domain dan mengurus segalanya, aku mencoba input domain dari pihak ketiga di wix dan ternyata Belum Bisa, Kenapa? Karena ternyata aku harus mendaftar  premium plan dahulu baru bisa add domain pada website. Intinya, kita harus join premium plan dulu di Wix dan harganya kurang lebih sekitar 4 dollar/Bulan (kalau tidak salah). Jujur karena aku baru memulai dan iseng-iseng saja menulis blog aku keberatan untuk join premium plan. Akhirnya, aku coba browsing lagi bagaimana cara memakai domain yang sudah dibeli pada blog yang sudah ada. Pilihanku jatuh kepada Blogger.

  • Blogger
Blogger Logo
                                                      

    Akhirnya setelah membaca beberapa artikel ternyata memang ada beberapa platform yang bisa menggunakan domain yang sudah dibeli tanpa harus mendaftar "premium plan" contohnya adalah blogspot/blogger. Akhirnya karena dulu waktu jaman SMA aku pernah menggunakan blogger/blogspot, aku memilih untuk mencoba membuat blog dengan blogger. Perjuangan ngga sampai disitu, ternyata ada langkah-langkah yang lumayan harus dilalui sebelum akhirnya website dengan domain kita sendiri bisa Live. Silahkan merujuk ke artikel berikut ya : Cara Mengganti Domain Blogspot 

Setelah kalian mengikuti langkah-langkahnya kalian harus menunggu kurang lebih 1 x 24 jam sampai website kalian benar-benar Live dan menariknya, jika ada masalah CS Niagahoster akan sangat membantu kalian dalam menyelesaikan masalah, tinggal live chat di website mereka atau WA saja. Proses tersebut namanya Propagasi DNS (jujur aku ngga paham juga sih haha), setelah menunggu sehari, akhirnya websiteku bisa Live dengan domain baru! 

www.livinginthemiddle.my.id

Jadi lebih simple kan? semoga saja tidak ada masalah ya setelah ini. untuk fitur lainnya menurutku blogger juga sama dengan kebanyakan platform blog lainnya. Cuma untuk urusan theme/template dan juga layout kita harus siap siap main HTML ya jika menggunakan blogspot. tapi jangan khawatir karena tutorial di internet sudah banyak jadi tinggal belajar saja hehe. 

Nah jadi kesimpulannya, untuk setiap platform pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Menurutku sesuaikan lagi dengan kebutuhan kalian, untuk pemula seperti aku sepertinya blogger sudah sangat cukup. 

jika ada pengalaman lain dan ada pendapat lain silahkan ke kolom comment ya teman-teman :)

Stay safe and healthy.

Watch & subscribe to my Youtube Channel : Annakristh's Youtube 💓

Love,
Anna.

0 comments