Inspirasi Sehat 10.000 Langkah/Hari

Akhirnya, hari ini memutuskan untuk menulis tentang hal yang sedang aku geluti dan mencoba untuk konsisten kali ini. Sesuai judulnya, selama sebulan terakhir tepatnya sejak tanggal 1 Agustus 2020, aku mulai menambah 1 target dalam sehari yaitu harus berjalan sebanyak paling tidak 10.000 langkah per hari. Awalnya karena sering curhat sama sahabatku mengeluh kok kayaknya berat badan naik terus apalagi sejak karantina aktivitas fisik menurun drastis dan Suprisingly sahabatku mengirimkan 1 post dari seorang influencer yang waktu itu aku belum kenal. Namanya kak Andra Alodita (Instagram : @alodita) waktu itu post yang dikirim adalah post foto transformasi kak Andra dari 66 kg menuju berat badan ideal dalam kurun waktu 6 bulan, dan salah satu tipsnya selain pastinya harus jaga pola makan juga adalah dengan menerapkan 10.000 langkah / hari selama 4 bulan. Disitu aku jujur sangat amazed sih dan terinspirasi berat, karena bukan dari segi bentuk tubuh saja yang berubah menjadi semakin langsing dan fit, tapi aura juga energi yang lebih fresh.


Akhirnya, setelah mikir-mikir aku memutuskan untuk mencoba tips ini, karena melihat aku orang yang mageran dan kalau olahraga suka kurang konsisten, mungkin dengan olahraga berjalan 10.000 langkah/hari akan lebih terasa mudah daripada harus HIIT cardio 30 menit hehe. OK, jadi karena untuk menghitung langkah perlu yang namanya smartwatch (ga mungkin kan ngitung pakai kesadaran sendiri hehe) akhirnya aku memutuskan untuk beli miband 4 saja, jujur kepengen fitbit juga kayak punya kak Andra, tapi kok kemahalan ya... jadi untuk starter kita beli yang ramah dikantong dulu saja, lagian yang penting adalah tujuannya tercapai : Langkah bisa kehitung dengan cukup akurat.




Miband 4 ku akhirnya sampai (Belinya di Shopee : PDA Store Jakarta) harganya kalau tidak salah 299.000. Sampai, langsung unboxing dan charge. Keesokan harinya aku langsung pakai buat trial & error dan suprisingly langkahnya sangat akurat sih karena waktu naik mobil dan duduk langkahnya ngga nambah. Jujur sejak pakai yang namanya smart watch ini aku jadi lebih terpacu buat mencapai target 10.000 langkah perhari dan untuk saat ini baru jalan sebulan dengan total 16 hari mencapai target sampai tgl 29 agustus 2020. Kenapa masih ada yang bolong? ya karena tetap perlu ada rest day dan kalau kena period jujur aku jadi mager parah dan ga bisa jauh dari rebahan.



Sampai saat ini belum ada perubahan yang signifikan terjadi dari Berat badan (Belum sempat timbang karena di rumah Bali tidak ada timbangan ) dan juga postur tubuh, masih seperti biasanya cuma hanya lingkar pinggang dan paha yang aku perhatikan sudah menyusut sedikit. Yang selalu ditekankan kak Andra adalah konsisten. Jadi aku percaya proses ini bukan one night magic ya, perlu konsisten dan waktu. Jadi harus tetap semangat jalaninnya, ingat kuncinya : Konsisten.

Kemarin waktu jalan-jalan ke supermarket ketemu satu teman yang nyeletuk kalau aku sekarang terlihat gendutan, agak sedikit down sih tapi menghibur diri mungkin karena dia sudah lama tidak lihat aku dan memang dulu aku lebih kurus dari sekarang. Oia anyway, sekarang berat badan terakhirku adalah 58 kg dengan tinggi 160 cm. sebenarnya belum masuk kategori overweight, cuma karena tidak suka melihat kondisi postur yang tidak fit dan adanya gelambir aku memutuskan untuk diet dan exercise.

Buat kalian yang mau ikutan 10.000 langkah / hari langsung saja dimulai sedini mungkin ya, jujur ini merupakan exercise yang mudah dan santai. Walking juga termasuk salah satu cardio exercise dan manfaatnya sudah sangat diakui oleh banyak ahli, meskipun mungkin tidak seberat olahraga lainnya, tapi berjalan punya segudang manfaat yang pastinya jauh lebih baik daripada rebahan doang seharian. Keep Moving!

Stay Safe & Healthy.

Love,
Anna.

0 comments